Tuesday, April 1, 2014

BUKTI CINTA SANG SULTAN

3:30 AM

Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah keterpautan jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad”.

Inilah Kutipan Kata Kata Mutiara Kahlil Gibran yang pantas sebagai bukti Sang Sultan Iskandar Muda untuk sang isteri Puteri Kamaliah.
Tepatnya di Taman Putroe Phang, Banda Aceh. Setiap akhir pekan, di taman yang asri ini selalu ada pertunjukkan seni. Selain bermain, pengunjung bisa menikmati berbagai atraksi seni, di panggung Art and Music Weekend Show. Tapi, Tak lepas dari sebagai tempat rekreasi keluarga di Banda Aceh, Taman Putroe Phang salah satu bukti nyata bernilai sejarah yang menunjukkan bahwa dulunya pernah berkuasa sebuah kerajaan besar di Aceh. Taman ini dibuat sebagai salah satu bukti cinta salah seorang raja aceh terhadap istrinya, sehingga nama taman ini disesuaikan dengan nama istrinya itu.
Menurut para sejarawan antara tahun 1613 dan 1615 sultan Aceh menaklukkan negeri Johor dan Pahang Malaysia. Seperti biasanya pemenang perang berhak atas harta rampasan dan berhak mengambil seorang putri dari kerajaan yang ditaklukkannya untuk dijadikan permaisuri. Diboyonglah seorang putri cantik nan jelita ke Aceh yang dikenal dengan nama Putroe Phang (Putri Pahang). Putri boyongan dari Pahang tersebut sangat cantik parasnya dan halus budi bahasanya membuat Sultan Iskandar Muda jatuh cinta dan menjadikannya sebagai permaisuri. Demi cintanya yang sangat besar, Sultan Iskandar Muda bersedia memenuhi permintaan permaisurinya untuk membangun sebuah taman sari yang sangat indah, lengkap dengan Gunongan sebagai tempat untuk menghibur diri agar kerinduan sang permaisuri pada suasana pegunungan di tempat asalnya terpenuhi. Selain sebagai tempat bercengkrama, Gunongan juga digunakan sebagai tempat berganti pakaian permaisuri setelah mandi di sungai yang mengalir di tengah-tengah
Tidak hanya cantik, tapi beliau juga seorang wanita yang cerdas. Beliau adalah penasehat suaminya dalam pemerintahan. Seperti terlihat dalam semboyan yang banyak dikenal dalam kehidupan bermasyarakat. Beliau juga membuat hukum tentang perlindungan anak dan perempuan. Hukum ini kemudian diterjemahkan dan diwujudkan oleh putri beliau, Ratu Safiatuddin sehingga di Aceh Besar dan Aceh Pidie, hukum waris tidak saja berdasarkan pada hukum Islam, tapi juga dipengaruhi oleh hukum adat. Misalnya oleh orang tua, rumah selalu diwariskan pada anak perempuan. Mungkin hal inilah yang menyebabkan munculnya sebutan "Porumoh" (pemilik rumah) untuk istri dalam masyarakat Aceh.
Dalam Hadih Maja dijelaskan :
Adat bak Poteumeureuhom (adat dipegang oleh Sultan)
Hukom bak Syiah Kuala (hukum dipegang oleh Syiah Kuala)
Kanun bak Putroe Phang (kanun dipegang oleh Putroe Phang)
Reusam bak Laksamana (reusam dipegang oleh Laksamana)
Hukom ngon adat lagee dzat ngon sipheut (Hukum dan Adat seperti zat dan sifat, tidak terpisahkan)

Beratus tahun kisah cinta Sultan dan Permaisuri telah berlalu, kini kenangan hanyalah tinggal sejauh kita memandang. Kompleks Putroe Phang pun kini menjadi salah satu ruang terbuka hijau di Banda Aceh. Kalau dulu Putroe bisa mandi dengan air nan jernih, namun sekarang baunya pun sering menyengat dan kadang sampah juga masih terus berserakan didalamnya. Terlepas dari semua itu, Cinta Sang Sultan bisa diambil positif oleh anak-anak muda sekarang.
Kehidupan remaja masa sekarang cenderung memilih segala secara instan, sehingga tampak kurang suka berjuang. Namun demikian hal ini bukan berarti tidak ada remaja yang memilih kehidupan secara produktif dan aktif. secara umum fenomena kehidupan remaja masa sekarang memang mengkhawatirkan, Bukti Cinta Sultan untuk sang isteri Cuma bisa dipetik sebagai upaya perjuangan remaja kepada pacarnya/kekasihnya.
Semoga Bukti Cinta Sang Sultan menjadi Motivasi pemuda-pemudi Aceh bahwa cinta yang di Syariahkan hanya buat Isteri tercinta.


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

3 comments:

  1. mantap :)
    saya juga punya :
    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    jgn lupa komentarnya :)

    ReplyDelete
  2. ajaran yg baik dari sang Sultan. cinta teruntuk istri yang sudah sah dimiliki. keren.

    ReplyDelete

 

© 2013 Visit Aceh. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top